Lansia Wisata Kota Tua

Kegiatan pembinaan Lansia kali ini tidak dilakukan seperti biasanya. Kegiatan yang biasanya dilakukan di Puskesmas untuk melakukan pemeriksaan fisik, mulai dari urin, darah, berat badan, tinggi badan para Lansia, kali ini Puskesmas Kecamatan Cakung mengajak para lansia untuk berwisata mengenal sejarah Jakarta di Kota Tua. 
Acara ini merupakan kerjasama Puskesmas Kecamatan Cakung dengan PT. Transportasi Jakarta ( Trans Jakarta ) yang menyediakan 2 ( dua ) armada Bus Trans Jakarta untuk membawa rombongan Lansia menuju Monumen Nasional dan dilanjutkan dengan menaiki Bus Tingkat Wisata menuju Kota Tua dan Museum Nasional. Sepanjang perjalanan para lansia dipandu oleh kru Bus Wisata yang menjelaskan tempat-tempat bersejarah di sepanjang perjalanan yang di lalui, diantaranya wilayah Pasar Baru, Glodok dll.
Ide jalan-jalan refreshing dengan para Lansia ini merupakan ide sederhana untuk berbagi bahagia bersama para Lansia. Sebab Usia lanjut adalah suatu kondisi yang pasti akan dialami oleh semua manusia yang dikaruniai usia panjang, terjadinya tidak bisa dihindari oleh siapapun. Saat seseorang memasuki usia lanjut akan terjadi berbagai kemunduran pada organ tubuh. Kondisi ini mengakibatkan keterbatasan aktivitas fisik dan tubuh pun mudah terkena penyakit. Namun mereka yang sudah beranjak pada masa lansia tidak perlu berkecil hati, karena dengan pola pikir yang optimis, ceria dan gaya hidup yang sehat, para lansia pun dapat beraktifitas dengan bebas di usianya.

Dalam kegiatan ini, diisi dengan kegiatan-kegiatan seperti Senam Lansia, materi-materi kesehatan yang diisi oleh Tim dari Puskesmas Kecamatan dan Kelurahan, Pemeriksaan kesehatan seperti pemeriksaan tensi darah, cek gula darah, kolesterol dll, dilanjut dengan game-game buat para Lansia dan ditutup dengan pemberian bingkisan dan makan siang bersama. Para Lansia berharap agar kegiatan ini akan terus diadakan, karena kegiatan ini menurut mereka sangat menyenangkan. Hal itu juga terlihat dari wajah yang ceria serta tidak terlihat lelah dan semangat meskipun cuaca sangat panas.
Pemeriksaan Kesehatan












Penyuluhan Kesehatan











Bis Tingkat Wisata Sejarah Jakarta